Dari Roma ke Ciuman dan Atria Modern


Sebuah bangunan landmark di Whitehall Place di jantung kota London, dengan hubungan bersejarah ke Sherlock Holmes dan Jack the Ripper, telah dipugar menggunakan dinding tirai Wrightstyle berukuran 700 meter persegi untuk membentuk atrium internal empat sisi yang aman dan sumur cahaya. Sementara kebakaran hanya merusak lantai dua, sebagian besar kematian terjadi di lantai atas, dengan lift shaft dan tangga memungkinkan asap beracun menyebar ke atas. Sekali lagi, peraturan keselamatan kebakaran harus ditulis ulang.

Kedua kebakaran ini terjadi pada apa yang efektif atria - ruang terbuka besar yang dapat diperluas ke atas untuk beberapa lantai, berpotensi memberikan asap, api dan gas undangan terbuka untuk menyebar dengan cepat, daripada mengandung mereka di sumber - meminimalkan kerusakan dan mempertahankan cara melarikan diri untuk penghuni bangunan itu. Untuk atria paling awal di dunia, tidak ada satu pun masalah. Itu adalah jasa asrsitek orang-orang Romawi yang pertama kali membuat atria modis, dan memberinya nama yang dengannya kita masih mengetahuinya. Versi domestik mereka adalah halaman tengah terbuka, sering dengan kolam cekung untuk menangkap air hujan, dan sebuah kapel untuk roh leluhur. Kamar-kamar vila membuka halaman tengah ini. Bahaya kebakaran itu tidak.

Saat ini, atria tetap menjadi fitur desain jasa asrsitek murah yang populer, memungkinkan cahaya membanjiri dan menyediakan bangunan dengan rasa ruang. Mereka memikat orang-orang secara emosional dengan menyediakan hubungan antara interior bangunan dan ruang eksternal di mana ia berada. Beberapa studi psikologi menegaskan pentingnya atria dan cahaya alami terhadap produktivitas pekerja.

Namun, atria membawa satu set tantangan perlindungan khusus karena mereka dapat bertindak sebagai cerobong beratap yang menyediakan jalur mudah untuk panas, api dan gas untuk menyebar dari tempat api dan, seperti yang ditunjukkan oleh api MGM Grand, asap dapat ancaman yang lebih besar terhadap kehidupan. Menambah kompleksitas desain, kamar hotel atau kantor dapat dibuka langsung ke atrium, sehingga penghuni dapat segera terkena panas, api, atau gas yang mengancam jiwa.

Komentar